Articles

  • img

 

Great Leader &Coach!

"Learning is not one time event or a periodic luxury. Great leaders in great companies recognize that the ability to constantly learn, innovate, and improve is vital to their success." (Amy Edmondson)

https://www.executivecoachingconnections.com/discover/10-quotes-inspire-learning-leaders

 Menjadi pemimpin bukan hanya suatu prestasi, tapi juga merupakan satu langkah untuk mengembangkan diri dan tim yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus senantiasa belajar mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Banyak yang menyatakan, pemimpin adalah ia yang mampu mengayomi anggota dan bukan sekadar memberi tugas.

Bukan hanya itu, seorang pemimpin juga harus bisa membimbing anggotanya untuk memiliki performa yang baik dan terus berkembang. Lalu apa saja yang bisa dilakukan seorang pemimpin untuk tidak hanya memimpin tapi juga membimbing. Berikut adalah empat tips yang bisa dicoba (Humphrey, 2014):

  1. Menyadari bahwa “ini bukan hanya tentang saya”. Anda memimpin; Berhentilah berusaha membuktikan pada staf Anda, bahwa Anda adalah orang yang terbaik di perusahaan, karena Anda punya orang-orang yang bisa melakukan pekerjaan itu. Hal ini bisa membantu Anda tidak berpikir bahwa semua akan baik jika Anda bisa mengerjakan sendiri.
  2. Bagikan pengetahuan Anda kepada tim. Cara ini bisa meningkatkan kemampuan tim Anda agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Selain itu, cara ini juga mampu melatih keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin.
  3. Cara membimbing tim yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengawasan akan tetapi  tidak terlalu mengekang, tim Anda harus ini atau harus itu. Memang penting agar tim tidak melakukan kesalahan yang bisa menyebabkan tujuan tidak bisa tercapai. Akan tetapi, seorang pembimbing harus tau kapan mengingatkan tim saat melakukan kesalahan atau membiarkan salah seorang anggota tim dibiarkan untuk tetap melakukan kesalahan dalam proses sehingga mereka tahu dampaknya langsung. Cara yang dilakukan sebaiknya adalah membantu tim menyadari kesalahannya, apa yang bisa mereka bisa lakukan untuk mengatasinya, dan bagaimana ia bisa mencegah agar kesalahan ini tidak terjadi lagi.
  4. Menyadari bahwa kemampuan belajar tiap orang berbeda. Mungkin tim Anda memiliki motivasi dan cara belajar, juga seberapa lama anggota tim mempertahankan apa yang didapatkan. Banyak bukti, pemimpin yang memahami kapasitas belajar tim bisa menyesuaikan cara memimpin dan membimbing dengan tingkat kemampuan anggota tim.

Memang dalam praktiknya, poin-poin tersebut  tidak mudah dilakukan. Ada banyak aspek-aspek lain yang bisa dikembangkan untuk menjadi seorang great leader and coach, yaitu dengan seminar, pelatihan, dan tentunya praktik di lapangan.

Dalam rangka membantu efektifitas organisasi Anda, ACI Telkom Indonesia menawarkan workshop  “Encourage Your Team” untuk meningkatkan kemampuan memengaruhi orang lain dan mengarahkan kelompok secara efektif. Melalui program ini, peserta belajar dan berlatih secara efektif untuk menjadi great leader and coach.

Daftar Pustaka:

https://remote-lib.ui.ac.id:2155/docview/1683764077?pq-origsite=summon

Humphrey, B. (2014, Aug). How to be an effective leader and coach. Pavement, 29, 58. Retrieved from https://remote-lib.ui.ac.id:2155/docview/1683764077?accountid=17242

 

Penulis: Gafriela Sa'adah & Zahra Putri Hapshari